Selasa, 21 April 2009

Beda Tidak Berarti Bodoh

Beda Tidak Berarti Bodoh
Written by Sumardiono

Kecerdasan Majemuk

1. Cerdas Logika/matematika
2. Cerdas Bahasa
3. Cerdas tentang Diri (intrapersonal)
4. Cerdas Bergaul (interpersonal)
5. Cerdas Visual
6. Cerdas Fisik (kinestetik)
7. Cerdas Musikal
8. Cerdas Alam
9. Cerdas Spiritual-filosofis

A
lkisah, ada seorang anak perempuan kecil yang tak bisa diam dan sangat gemar bercerita. Sepanjang perjalanan ke sekolah tiap pagi, dia selalu bercerita. Ada saja yang diceritakannya. Begitu pun di sekolah, dia gemar bercerita. Dia juga suka melihat ke luar sekolah melalui jendela untuk melihat apapun yang ada di luar ruangnya.

Akibat sifatnya yang seperti itu, anak kecil itu mengalami kesulitan di sekolahnya. Untunglah, akhirnya dia bertemu dengan seorang kepala sekolah di tempat barunya yang mau mendengarkan dengan antusias ceritanya sejak dia datang di pagi hari hingga siang hari.

Sebuah kisah yang lain, seorang anak laki-laki yang menggemari olah raga baseball dan sangat sulit belajar di kelas. Dia tidak suka membaca dan belajar banyak hal bukan dengan cara duduk dan mendengarkan di kelas, tetapi dengan cara mengalami langsung pengalaman yang berhubungan dengan topik yang dipelajarinya.

Karena gaya belajarnya tidak sesuai dengan model yang ada di kelas, anak itu mendapat cap bodoh di kelasnya. Dia mengalami kesulitan dengan belajarnya di sekolah.



D
ua kisah di atas merupakan kisah nyata yang mengambil setting di dua tempat berbeda. Kisah gadis kecil itu berada di Jepang. Gadis kecil itu bernama Tetsuko Kuronayagi atau biasa dipanggil Totto Chan. Buku cerita mengenai pengalaman masa belajarnya di Sekolah Tomoe sempat menjadi bacaan wajib para guru di Jepang. Kisahnya telah menginspirasikan banyak orang tua dan pendidik di seluruh dunia.

Anak laki-laki itu adalah Robert Kiyosaki. Saat ini, dia telah menjadi penulis terkenal yang sangat berpengaruh di dunia bisnis, dengan karya berserinya mengenai “Rich Dad, Poor Dad” dan ide-idenya mengenai kecerdasan finansial (financial quotient).



T
otto Chan dan Robert Kiyosaki adalah dua sosok yang merepresentasikan jenis kecerdasan yang berbeda daripada yang biasanya dikembangkan di sekolah. Walaupun mereka memiliki kesulitan-kesulitan saat di sekolah, tetapi bukan berarti mereka bodoh.

Teori Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) yang mengenalkan 9 jenis kecerdasan memberikan peluang kepada kita untuk mengembangkan potensi anak-anak dengan lebih luas dan beragam. Kecerdasan tak lagi dibatasi hanya pada kecerdasan skolastik (IQ), tapi jauh lebih luas dan beragam.

Anak dengan kecerdasan yang berbeda, memiliki kekhasan dan gaya belajar yang berbeda pula. Ada anak yang efektif belajar melalui buku, ada yang dengan gambar dan diagram, ada yang belajar dengan cara berdiskusi, ada yang dengan cara membayangkan, ada yang dengan cara mencoba dan mempraktekkannya.

Pengenalan ragam kecerdasan pada anak adalah bekal bagi orang tua untuk memberikan stimulus dan fasilitas agar potensi kecerdasannya semakin berkembang.

Sebagai orang tua dan pendidik, tugas kita bukan menghakimi, tetapi mencari cara untuk membuka potensi anak-anak kita. Berbeda tidak selalu berarti bodoh dan gagal.

Kamis, 02 April 2009

berenang yuk...

jumat, 3 april 09


rencananya pagi ini kami mau ngajak rasyid berenang di kolam renang umum, tapi ga jadi karena khawatir dengan keamanan di kolam renang yang berada di dekat rumah. Akhirnya kami putuskan untuk berenang di rumah saja.

Stelah perjuangan melatih otot lengan untuk memompa kolam renang plastik “winnie the pooh”nya mengembang, kolam tersebut ditaruh di teras mungill kami. Rasyid juga bantu mompa tadi, begitu sudah jadi, matanya berbinar-binar tak sabar untuk masuk ke kolamnya.

Kolam pun diisi dengan air dari keran taman, setelah rasyid ganti baju, dia langsung nyemplung ke kolam, happyyyy bangets....padahal dia biasa mandi pakai air hangat kalo pagi. Tadi pagi dia tidak peduli dengan dinginnya air begitu dia melihat kolam telah terisi air, rasa keingintahuan-nya mengalahkan rasa takutnya pada air dingin. Jadilah teras kami basah-basahan. Ciprat-menyiprat, lempar-melempar bola dari kolam, tawa riang keluar dari mulut mungilnya.... eyangnya pun senang melihatnya bermain air. Kira-kira 25 menit kemudian, kegembiraannya mulai menurun, mulutnya terlihat gemeretak kedinginan, tangannya mulai dingin, tak berapa lama badannya mulai menggigil.....wah, seperti rasyid mulai kedinginan nih.

Akhirnya ummi angkat rasyid dari kolamnya, dia tidak menangis, tapi segera menggigit-gigit ujung bajuku dengan erat. Wah..kedinginan ya dek...hehehe...

segera ummi beri minyak telon supaya hangat ya..., pakai baju..., minum susu hangat dulu ya dek...

hmmm...akhirnya rasyid kembali tenang, tapi lucunya setelah itu dia nangis saat ummi tak mengizinkan dia masuk ke kolam renang lagi, waaah...rasyid ngamuk deh.....